Sabtu, 19 Maret 2011

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN


RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS I

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester         : V/II
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

A.    Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B.     Kompetensi Dasar
5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta kebalikannya
C.    Indikator
5.1.3. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta kebalikannya
D.  Tujuan Perbaikan
-          Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dengan benar
-          Siswa dapat mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa dengan benar
D.    Materi Pembelajaran
Pengerjaan hitung pecahan
E.     Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
F.     Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal : 5 menit
a.       Mengkondisikan siswa : mengabsen dengan menanyakan siapa yang tidak hadir
b.      Apersepsi : melakukan tanya jawab untuk mengingat kembali tentang pecahan. Pertanyaan yang diajukan adalah
    1. Apa arti pecahan?
    2. Apa saja bentuk pecahan itu?
c.       Menyampaikan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan inti : 25 menit
-          Siswa diminta mendiskusikan dengan teman sebangku untuk menuliskan bentuk pecahan biasa dan bentuk desimal 0,5
-          Guru melakukan tanya jawab tentang bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan desimal
1.      Pada Pecaan biasa angka 3 disebut .......... sedangkan angka 4 disebut .....
2.      Pecahan desimal 0,75 artinya .....
-          Guru menjelaskan cara mengubah pechaan biasa ke dalam bentuk desimal dan sebaliknya
-          Siswa mengerjakan soal-soal yang telah disediakan dan guru membimbingnya
-          Beberapa siswa disuruh untuk mengerjakan soal di papan tulis, sedangkan siswa yang lain menanggapinya dengan bimbingan guru
3.      Kegiatan Akhir : 5 menit
a.       Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
b.      Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa
G.    Alat dan Sumber
Alat         : Gambar-gambar pecahan, potongan karton
Sumber   :  Buku Matematika Kelas Kelas V PT Sarana Panca Karya Nusa. Hal. 26 – 29
H.    Penilaian
a.       Teknik : Tes tertulis
b.      Bentuk Instrumen : Isian
c.       Instrumen
Isilah titik-titik di bawah ini!
1.      Ubahlah ke dalam bentuk pecahan desimal!
a.      b.             c.
2.      Ubahlah ke dalam bentuk pecahan biasa!
a. 0,3 = .......    b. 0.25 = .........
d. Kunci jawaban
1. a. 0,2                 b. 0,25             c. 0,7
2. a.                  b.
e. skor nilai : N = B x 2

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
SIKLUS II

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas / Semester         : V/II
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
5.1. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta kebalikannya
C.  Indikator
5.1.3. Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta kebalikannya
D.  Tujuan Perbaikan
-          Siswa memahami materi yang diajarkan tentang mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dan sebaliknya
-          Siswa mampu menyelesaikan soal-soal dengan cepat
-          Siswa mempunya keberanian untuk bertanya
-          Siswa berani mengeluarkan pendapat
E.  Materi Pembelajaran
Pengerjaan hitung pecahan
F.  Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Demonstrasi
-          Tugas

G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal : 5 menit
a.       Mengkondisikan siswa :
§  Berdoa, mengabsen dengan menanyakan siapa yang tidak hadir
§  Membentuk kelompok kecil dengan mengubah tempat duduk teman sebangku
b.      Apersepsi :
Melakukan tanya jawab untuk mengingat kembali tentang pecahan. Pertanyaan yang diajukan adalah
1.  Apa yang terdapat pada pecahan biasa?
    1. Apa arti angka yang ada dibelakang koma pada pecahan desimal?
    2. Dapatkah bentuk-bentuk pecahan yang satu dirubah ke bentuk pecahan yang lain ?
c.  Menyampaikan tujuan pembelajaran
1.   Siswa dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal dengan benar
2.   Siswa dapat mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan bisa dengan benar


2.  Kegiatan inti : 25 menit
-          Siswa diminta untuk menuliskan bentuk pecahan biasa dan pecahan desimal masing-masing satu buah
-          Siswa disuruh untuk mendiskusikan dengan teman sebangku (tutor sebaya) untuk mengubah pecahan biasa ke dalam pecahan desimal serta sebaliknya
-          Guru melakukan tanya jawab tentang bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan desimal
1.      Bagaimana apabila dalam mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal, hasilnya mendapat nilai angka yang sama dibelakang koma?
2.      Bagaimana apabila dalam mengubah pecahan desimal ke bentuk pecahan biasa ditemui angka pecahan yang belum sederhana?
-          Guru menjelaskan cara mengubah pecahan biasa ke bentuk pecahan desimal serta sebaliknya
-          Siswa diberi kesempatan untuk bertanya dan guru memberikan motivasi agar siswa berani bertanya
-          Siswa diberi lembar soal untuk dikerjakan dan guru membimbingnya
-          Siswa secara bergiliran disuruh untuk mengerjakan soal di papan tulis dan siswa yang lainnya menanggapi.
4.      Kegiatan Akhir : 5 menit
a.       Guru mengadakan tindak lanjut dengan melakukan perbaikan pada siswa yang mendapat nilai dibawah standar dan menyimpulkan materi pelajaran
b.      Guru memberikan pekerjaan rumah untuk dibahas pada pertemuan yang akan datang
H. Alat dan Sumber
Alat               : Gambar-gambar pecahan, potongan karton
Sumber          :  Buku Matematika Kelas V PT Sarana Panca Karya Nusa. Hal. 26-29
I.  Penilaian
a. Teknik : Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen : Isian
c. Instrumen
1. Ubahlah ke dalam bentuk pecahan desimal!
a.            b. c.
3.       Ubahlah ke dalam bentuk pecahan biasa!
a. 0,8 = .......          b. 0,56 = .........
d.  Kunci jawaban
1. a. 0,5                       b. 0,25             c. 0,333
2. a.                         b.
e. skor:Jumlah jawaban benar x 2
Cibalong,  Maret 2009
Kepala Sekolah
Guru Kelas













HANIPAH, S.Pd
NIP. 131158131
BUNYAMIN
NIP. 480131148

Tidak ada komentar:

Posting Komentar