Selasa, 14 Desember 2010

Hutan Sancang Garut Jadi Situs

Hutan Sancang Garut Jadi Situs
Dikutip dari : Asep (Garut),Radar Online
Karena dianggap memiliki keanekaragaman hayati, hutan Sancang di Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut, Jawa Barat, akan diusulkan menjadi situs warisan dunia. Sebagai mana di ketahui keanekaragaman hayati tersebut berada di hutan Sancang yang merupakan plasmanuftah yang sudah langka . 

Untuk membatasi cagar alam hutan Sancang seluas 2.157,58 hektare serta cagar alam lautnya seluas 1.150 hektare, yang berbatasan dengan kawasan Perkebunan Karet di Mira Mare sekitar 4.000 hektare, serta dengan tanah milik masyarakat, sekurangnya terdapat tapal batas sejauh 40 km. 

Terkait hal itu Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Garut, Ir H. Eddy Muharam, M.Si seperti dikutip Garut News dua hari lalu mengatakan, usulan hutan sancang dijadikan situs masih perlu dilakukan rehabilitasi ekologisnya, akibat kegiatan perambahan hutan selama ini. 

“Proses rehabilitasi secara alami dipastikan tidak menelan dana sepersen pun meski memerlukan waktu lama, justru besarnya biaya yang diperlukan untuk memenuhi akomodasi kegiatan penjagaan serta pengawasannya,” ujar Edy.

Sementara Kasie BKSDA , Ir Teguh Setiawan mengatakan, kemungkinan hutan Sancang bisa diusulkan sebagai situs warisan dunia, merupakan kewenangan pusat, dengan sejumlah kriteria yang belum sepenuhnya kita pahami bersama, populasi bantengnya pun yang tersisa masih misteri.

“Untuk dijadikan situs hutan sancang urusan kewenagan pusat tentu dengan berbagai criteria dan syarat-syarat yang perlu di penuhi,” tandas Teguh . ( Asgun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar