KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penyusun panjatkan ke Hadirat Illahi Robbi, karena rahmat dan hidayah-Nya laporan pemantapan kemampuan profersional yang merupakan salah satu mata kuliah Pogram S. 1 PGSD, telah dapat diselesaikan meskipun masih terdapat kekurangan.
Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berlatih meningkatkan kemampuan mengajar melalui berbagai kegiatan dalam mengatasi masalah pembelajaran dan melakukan refleksi untuk berusaha mengatasi masalah yang dihadapi melalui langkah-langkah yang sistematis dan ilmiah.
Untuk meningkatkan profesional mahasiswa melakukan perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran eksakta Sains ( Ilmu Pengetahuan Alam ) dan non eksakta ( Ilmu Pengetahuan Sosial ) yang dilaksanakan di SDN. Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut.
Setelah melakukan perbaikan pembelajaran, penyusun berusaha untuk membuat laporan sebgai bukti fisik yang telah dilakukan di lapangan.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada Supervisor Bapak Drs. Asep Saepulrohman, yang telah membimbing sampai laporan ini selesai, dan kepada teman sejawat, Keapala Sekolah SDN. Karyamukti 02 Kecamatan Cibalong, juga kepada semua pihak yang telah membantu dalam kegiatan perbaikan pembelajaran ini.
| Garut, Februari 2008 Penyusun |
DAFTAR ISI
LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN | | ||
KATA PENGANTAR ......................................................................................... | I | ||
DAFTAR ISI ........................................................................................................ | ii | ||
A. | PENDAHULUAN ..................................................................................... | | |
| 1. | Latar Belakang Masalah ................................................................... | |
| 2. | Tujuan dan Manfaat Perbaikan Pembelajaran .................................. | |
| 3. | Proses Penulisan laporan .................................................................. | |
| 4. | Jumlah Siklus ................................................................................... | |
| 5. | Sistemaitka Laporan ......................................................................... | |
B. | PERENCNAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN ................................ | | |
| 1. | Identifikasi Masalah ......................................................................... | |
| 2. | Analisis dan Perumusan Masalah ..................................................... | |
| 3. | Rencana Perbaikan ........................................................................... | |
C. | PELAKSANAAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN ............................ | | |
| 1. | Tempat dan Waktu Pelaksanaan ...................................................... | |
| 2. | Prosedur Pelaksanaan ....................................................................... | |
| 3. | Hal-hal yang Unik ............................................................................ | |
D. | TEMUAN HASIL YANG DIPEROLEH ................................................. | | |
| 1. | Hasil Pengolahan Data ..................................................................... | |
| 2. | Deskripsi Temuan dan Refleksi ....................................................... | |
| 3. | Pembahasan ...................................................................................... | |
E. | KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT ................................ | | |
| 1. | Kesimpulan ....................................................................................... | |
| 2. | Saran Tindak Lanjut ......................................................................... | |
DAFTAR PUSTAKA.......................................................................................... | |
LAMPIRAN
Lampiran 1 | Surat Pernyataan Teman Sejawat ............................................ | |
Lampiran 2 | Sistematika Laporan ................................................................ | |
Lampiran 3.1 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Eksakta IPA Siklus I ......... | |
Lampiran 3.2 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus I ..................................................................................... | |
Lampiran 3.2 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus I ..................................................................................... | |
Lampiran 3.3 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Eksakta IPA Siklus II ........ | |
Lampiran 3.4 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus II ................................................................................... | |
Lampiran 3.4 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus II ................................................................................... | |
Lampiran 3.5 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Eksakta IPA Siklus III ...... | |
Lampiran 3.6 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus III .................................................................................. | |
Lampiran 3.6 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus III .................................................................................. | |
Lampiran 3.6 c | Daftar Nilai Hasil Perbaikan Pembelajaran Eksakta Siklus I, II, III ....................................................................................... | |
Lampiran 4 | Surat Pernyataan Teman Sejawat ............................................ | |
Lampiran 5 | Sistematika Laporan ................................................................ | |
Lampiran 6.1 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta IPS Siklus I .. | |
Lampiran 6.2 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus I ..................................................................................... | |
Lampiran 6.2 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus I ..................................................................................... | |
Lampiran 6.3 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Eksakta IPS Siklus II ........ | |
Lampiran 6.4 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus II ................................................................................... | |
Lampiran 6.4 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus II ................................................................................... | |
Lampiran 6.5 | Rencana Perbaikan Pembelajaran Eksakta IPS Siklus III ....... | |
Lampiran 6.6 a | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus III .................................................................................. | |
Lampiran 6.6 b | Lembar Obsevasi hasil Perbaikan Pembelajaran Non Eksakta Siklus III .................................................................................. | |
Lampiran 6.6 c | Daftar Nilai Hasil Perbaikan Pembeljaran Non Eksakta Siklus I, II, III .......................................................................... | |
Lampiran 7a | Prosedur Bimbingan PKP-PGSD ............................................ | 108 |
Lampiran 7b | Prosedur Pelaksanaan Perbaikan Pembelajaran Siklus 1,2,3 .. | 111 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar