Kamis, 19 Mei 2011

Jenis-Jenis Metode Pembelajaran

Pertanyaan Umum

METODE PEMBELAJARAN

Jenis-jenis metode dapat dikelompokkan ke dalam beberapa pendekatan, diantaranya:

• Berdasarkan pemberian informasi:

- Metode Ceramah

- Metode Tanya Jawab

- Metode Demonstrasi

• Berdasarkan pemecahan masalah:

- Metode Curah Pendapat (Brainstorming)

- Metode Diskusi Kelompok

- Metode Rembuk Sejoli

- Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group)

- Metode Panel

- Metode Forum Debat

- Metode Seminar

- Metode Simposium

• Berdasarkan penugasan:

- Metode Latihan (Drill)

- Metode Penugasan (Resitasi)

- Metode Permainan:

DIAD

Kubus Pecah

Role Playing

Sosiodrama

Simulasi

- Metode Kelompok Kerja (Workshop)

- Metode Studi Kasus

- Metode Karyawisata

A. Metode Ceramah

Metode Ceramah yaitu cara penyampaian informasi secara lisan yang dilakukan oleh sumber belajar kepada warga belajar. Metode ini merupakan yang paling banyak digunakan dalam kesempatan penyampaian informasi dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran. Hal ini diakibatkan adanya kemampuan setiap orang untuk berkomunikasi atau menyampaikan pesan kepada orang lain.

B. Metode Tanya Jawab

Metode Tanya Jawab yaitu cara penjelasan informasi yang pelaksanaannya saling bertanya dan menjawab antara sumber belajar dengan warga belajar.

C. Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi yaitu cara memperagakan sesuatu hal yang pelakasanaannya diawali oleh peragaan sumber belajar kemudian diikuti oleh warga belajar. Hal yang diperagakan adalah harus kegiatan yang sebenarnya, tidak bersifat abstrak.

D. Metode Curah Pendapat (Brainstorming)

Metode Brainstorming atau Curah Pendapat yaitu cara untuk menghimpun gagasan atau pendapat dari setiap warga belajar tentang suatu permasalahan.

E. Metode Diskusi Kelompok

Metode Diskusi Kelompok yaitu cara pembahasan suatu masalah oleh sejumlah anggota kelompok untuk mencapai suatu kesepakatan.

F. Metode Rembuk Sejoli

Metode Rembuk Sejoli yaitu cara pemecahan suatu masalah yang pelaksanaannya warga belajar dalam kelompok dibagi secara berpasangan kemudian dalam waktu yang singkat masingmasing kelompok membahas suatu masalah dan diakhiri dengan penyampaian laporan nya oleh masing-masing juru bicara dalam kelompok besar.

G. Metode Diskusi Kelompok Kecil (Buzz Group)

Metode Buzz Group yaitu cara pembahasan suatu masalah yang pelaksanaannya warga belajar dibagi dalam kelompok kecil antara tiga sampai enam orang membahas suatu masalah yang diakhiri dengan penyampaian hasil pembahasannya oleh setiap juru bicara pada kelompok besar.

H. Metode Panel

Metode Panel yaitu cara pembahasan suatu masalah melalui kegiatan diskusi yang dilakukan oleh beberapa akhli dari berbagai keakhlian dihadapan warga belajar

I. Metode Forum (Debate)

Metode forum (debate) adalah cara pembelajaran yang dilakukan melalui diskusi terbuka yang disampaikan oleh beberapa nara sumber dengan topik masalah yang kontroversial.

J. Metode Seminar

Metode Seminar yaitu cara penyampaian informasi berdasarkan hasil penelitian yang diikuti dengan kegiatan diskusi oleh seluruh warga belajar dibawah bimbingan sumber belajar.

Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh warga belajar dapat berdasarkan hasil penelitian tentang suatu kasus/masalah, dapat juga hasil bacan/literatur.

K. Metode Simposium

Metode Simposium yaitu cara penyampaian materi secara lisan yang dilakukan berupa kegiatan ceramah oleh beberapa orang nara sumber.

L. Metode Latihan (Drill)

Metode drill yaitu cara melatih warga belajar tentang kegiatan-kegiatan tertentu secara berulang-ulang dengan materi yang sama.

M. Metode Penugasan (Resitasi)

Metode Resitasi yaitu cara pemberian tugas yang dilakukan oleh sumber belajar kepada warga belajar yang pelaksanaannya dapat dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas, serta dapat dilakukan secara individual maupun kelompok.

N. Metode DIAD Metode DIAD yaitu cara komunikasi diantara dua orang baik secara lisan maupun tertulis terutama menyangkut identitas dari masing-masing pribadi.

O. Metode Kubus Pecah (Broken Square)

Metode Broken Square yaitu cara penyusunan pecahan-pecahan Bujursangkar yang dilakukan oleh empat atau lima kelompok menjadi bentuk bujur sangkar yang utuh.

P. Metode Bermain Peran (Role Playing)

Metode Role Playing yaitu cara permainan yang pelaksanaannya berupa peragaan secara singkat oleh warga belajar dengan tekanan utama pada karakteristik/sifat seseorang dengan dasar memerankan cuplikan tingkah laku dalam situasi tertentu, yang dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang masalah yang baru diperagakan.

Q. Metode Sosiodrama

Metode Sosiodrama yaitu cara permainan yang pelaksanaannya berupa peragaan oleh warga belajar dengan tekanan utama pada karakteristik/sifat seseorang dengan dasar memerankan tingkah laku dalam situasi tertentu dengan didasarkan pada cerita yang utuh, yang dilanjutkan dengan kegiatan diskusi tentang masalah yang baru diperagakan.

R. Metode Simulasi

Metode Simulasi yaitu cara permainan yang berupa cuplikan suatu situasi kehidupan nyata yang diangkat ke dalam kegiatan belajar.

S. Metode Kelompok Kerja (Workshop)

Metode kelompok kerja adalah cara pembelajaran yang melibatkan peserta dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas-tugas.

T. Metode Studi Kasus

Metode studi kasus yaitu cara penelaahan suatu kasus nyata di lapangan melalui kegiatan penelitian, yang diakhiri dengan kegiatan penyampaian laporan.

U. Metode Karyawisata

Metode Karyawisata yaitu cara mengunjungi suatu tempat/objek tertentu dengan melibatkan seluruh warga belajar, dengan kegiatan ada unsur karya dan unsur wisatanya.

Kamis, 12 Mei 2011

BUKU MUTASI SISWA


                                                                                                                                                      BUKU MUTASI SISWA
Bulan
:
    TahunAjaran
 :
Kelas
:
Sekolah              :
NOMOR
NAMA SISWA
JENIS KELAMIN
MUTASI
JUMLAH MUTASI MASUK
JUMLAH MUTASI KELUAR
JUMLAH MUTASI AKHIR

URUT
INDUK

L
P
MASUK
KELUAR
L
P
J
L
P
J
L
P
J




















































































































































































































































































































                                Mengatahui :                                                                                                                                                                                                                                                     Guru Kelas
Kepala Sekolah
                                   
______________________                                                                                                                                                           ____________________
NIP.                                                                                                                                                                                                    NIP.